Jumat, 25 April 2014

pengenalan peserta didik

KATA PENGANTAR
Puji sukur penulis ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan
hidayah-Nya makalah ini dapat di selesaikan.
Makalah dengan judul “Perkembanagn intelegensi peserta didik” adalah salah satu syarat untuk memperoleh kelulusan dalam mata kuliah Pengenalan Peserta Didik di Universitas Lampung.
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, aka tetapi sedikit harapan semoga makalah yang sederhana ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua. Amiin.
Bandar Lampung, 25 Maret 2014
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR........................................................................................... i
DAFTAR IS........................................................................................................... .... ii
BAB I PENDAHULUAN
              1.1              Latar belakang.................................................................... iii
              1.2              Rumusan Masalah............................................................... v
              1.3              Tujuan Penulisan................................................................. v
BAB II PEMBAHASAN
              2.1              Definisi intelegensi                                                                     
              2.2              Faktor –Faktor Yang Mempengaruhi Intelegensi                   
2.3              Macam-Macam Intelegensi                                                    
2.4              Perkembangan Intelegensi Pada Peserta Didik                       
2.5              Ciri-Ciri Perilaku Yang Berintelegensi                                  
2.6              Karakteristik Perkembangan Intelegensi Remaja                   
2.7              Hubungan Antara Intelegensi Dan Tingkah                           
                   Laku (Hasil Belajar)                                                              
2.8              Usaha Orang Tua Dan Guru Membantu                                
                   Perkembangan Intelegensi Remaja                                        

BAB III PENUTUP
              3.1              Kesimpulan......................................................................... 8
Daftar pustaka...................................................................................................... 9



BAB I
1.1             Pendahuluan
Periodesasi perkembangan berlangsung dari fase prenatal, infancy, bayi, kanak-kanak, remaja, dewasa, dan lanjut usia. Masing-masing fase tersebut memiliki karakteristik yang khas. Peningkatan dari suatu fase ke fase selanjutnya terjadi perubahan-perubahan yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif. Perkembangan ini juga berkaitan dan muncul dengan adanya kepribadian, motivasi, minat, sikap, dan kebiasaan belajar.
Saat anak mulai tumbuh dan berkembang akan terlihat kecerdasannya, dan setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Guru dalam hal ini harus mengerti metode apa yang tepat pada tiap-tiap peserta didik agar dapat diterima baik oleh peserta didik itu sendiri. Peran orang tua juga tak terlupakan untuk meningkatkan kecerdasan anak, tugas orang tua dalam hal ini mengawasi dan menjaga pola makan anak, gizi dan nutrisi pada makanan anak, dan kesehatan yang baik, agar pada saat pembelajaran anak dapat menerima pelajaran dengan baik juga. 
Memasuki tahun ajaran baru tampak sekolah-sekolah favorit mulai ramai dipadati pendaftar, tidak hanya karena berbagai macam fasilitas yang ditawarkan, beragam prestasi yang pernah diraih oleh siswa atau alumni sekolah tersebut merupakan daya tarik tersendiri bagi orang tua siswa untuk memilih sekolah tersebut. Tetapi apakah sebenarnya yang dapat menunjang keberhasilan siswa dalam meraih prestasi yang diharapkan. Setiap anak dikaruniai kelebihan dan kekurangan masing-masing, dengan memahami apakah yang menjadi kebutuhan anak diharapkan akan didapat hasil yang maksimal. Tes psikologi merupakan salah satu instrument yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan anak.
Ada banyak ragam tes psikologi yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan anak diberbagai bidang. Beberapa tes yang biasanya  digunakan untuk mengetahui tingkat inteligensi dan kemampuan pada anak-anak diantaranya  skala intelegesi Stanford-Binet, skala wechsler,skala kaufman,dan skala kemampuan diferensial. Ada 15 tes dalam tes Stanford-Binet yang mewakili empat bidang kognitif utama diantaranya penalaran verbal, penalaran abstrak/visual, penalaran kuantitatif dan memori jangka pendek. Penguji juga memiliki kesempatan untuk menilai karakteristik emosional dan motivasional tertentu seperti misalnya kemampuan berkonsentrasi , tingkat aktivitas, kepercayaan diri dan ketekunan. Kemudian skala Wechsler, disamping penggunaannya sebagai pengukuran atas inteligensi umum, skala Wechsler juga digunakan dalam diagnosa psikiatris. Mulai dengan observasi bahwa kerusakan otak, kemerosotan psikosis, dan kemerosotan emosional bisa mempengaruhi sejumlah fungsi intelektual lebih daripada yang lain, Wechsler dan para psikolog klinis lainnya berpendapat bahwa sebuah analisis atas kinerja relative individu pada berbagai subtes yang berbeda seharusnya mengungkapkan gangguan-gangguan psikiatris yang spesifik.











1.2             Rumusan Masalah
1.      Apa Definisi intelegensi
2.      Faktor –Faktor apa saja Yang Mempengaruhi Intelegensi
3.      Sebutkan Macam-Macam Intelegensi
4.      Jelsakan Perkembangan Intelegensi Pada Peserta Didik
5.      Sebutkan Ciri-Ciri Perilaku Yang Berintelegensi
6.      Bagaimana Karakteristik Perkembangan Intelegensi Remaja
7.      Apa Hubungan Antara Intelegensi Dan Tingkah Laku (Hasil Belajar)
8.      Bagaimana Usaha Orang Tua Dan Guru Membantu Perkembangan Intelegensi Remaja

1.3             Tujuan Penulisan
1.         Menjelaskan Apa Definisi intelegensi, Faktor –Faktor Yang Mempengaruhi Intelegensi,  Macam-Macam Intelegensi, Perkembangan Intelegensi Pada Peserta Didik, Ciri-Ciri Perilaku Yang Berintelegensi, Karakteristik Perkembangan Intelegensi Remaja, Hubungan Antara Intelegensi Dan Tingkah Laku (Hasil Belajar) serta Usaha Orang Tua Dan Guru Membantu Perkembangan Intelegensi Remaja.

0 komentar:

Posting Komentar